Selasa, 03 April 2012

MENGGAPAI RIDHO ALLAH


“MENGGAPAI RIDHO ALLAH DALAM MELAKSANAKAN ATURAN ISLAM”







Sebelum membahas kepada tema di atas, ada satu wacana yang ingin disampaikan dan nantinya InsyaAllah dari wacana ini akan masuk ke dalam Tema Kaji Diri.
Maksud dan Tujuan kenapa Wacana ini di kemukakan adalah agar kita yang terlibat di Grup ini mudah-mudahan dapat mengambil suatu intisari dan menambah khasanah keilmuan dan keimanan kita bahwasanya tidak dipungkiri akan adanya perbedaan pola pikir, pola pandang, pola sikap diantara kita sesama umat muslim. Namun ini diperlukan suatu kebijaksanaan dari masing-masing individu dalam menyikapinya dan senantiasa haruslah kita kembalikan kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah apabila terjadi perbedaan-perbedaan tersebut.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ أَطِيعُواْ اللّهَ وَأَطِيعُواْ الرَّسُولَ وَأُوْلِي الأَمْرِ مِنكُمْ فَإِن تَنَازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللّهِ وَالرَّسُولِ إِن كُنتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللّهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلاً
Hai orang-orang yang beriman, ta’atilah Allah dan ta’atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur’an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya. (QS 4:59)


Wacana ini adalah sebagai berikut :

Sebelum saya mengikuti kegiatan rutin mingguan Kaji Diri , saya mengikuti tausiyah yang membahas masalah “KURBAN”. Tausiyah ini berpedoman kepada As-Sunnah/Hadits. (mohon maaf, wacana ini berdasarkan pengalaman pribadi tidak bermaksud takabur atau egois kenapa hal ini di angkat dlm Grup ini)
Setelah panjang lebar pembahasan “Kurban”, ada 3 (tiga) point yang saya tangkap dari bahasan tersebut, yaitu :

  1. Bahwasanya kita boleh berkurban untuk ditujukan kepada keluarga baik yang masih hidup maupun “yang sudah meninggal”.
  2. Hasil kurban seperti kepala dan kulit, tidak boleh dijual oleh panitia walaupun hasil dari penjualan itu digunakan untuk sesuatu yang bermanfaat, dan ini dilakukan sudah seizin dari si Pemberi Kurban. Alasan ini karena Keutamaan ibadah berkurban akan menjadi sia-sia bagi si Pemberi Kurban.
  3. Masalah Bacaan pada saat Penyembelihan Hewan Kurban.
Dari ke tiga permasalahan tersebut, disini saya memfokuskan pada point yang nomor 3 karena kebetulan, hal inilah yang saya tanyakan dan hal inilah yang akan berkaitan dengan Tema Kaji Diri kali ini. Namun, barangkali apabila ada dari anggota yang ingin mengomentari dan memberikan penjelasan mengenai point 1 dan 2, saya yakin anggota disini dengan senang hati akan menerimanya.
Disampaikan bahwa masih banyak yang melakukan tata cara pada saat menyembelih hewan kurban terjadi kesalahan karena pada saat menyembelihnya yang dibacakan hanya Takbirnya saja. Padahal seharusnya membaca بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ inilah yang benar. Hal ini saya sepakat dan setuju karena memang dalam Al-Qur’an sendiri sudah dijelaskan mengenai ini (QS 5:3 ; QS  6:121). Akan tetapi ketika disampaikan bahwa tata cara penyembelihan hewan yang dilakukan oleh orang non muslim (adanya acara bagi agama mereka) yang sudah jelas menyembelihnya tidak membaca basmalah, dan dari hasil sembelihannya di berikan kepada kita sebagai bentuk pemberian/hadiah, maka menurutnya itu dibolehkan untuk kita makan dengan catatan pada saat kita akan makan mengucapkan basmallah.
Dari penjelasan ini, buat saya pribadi menjadi suatu kerancuan karena ini sudah merupakan bentuk pelanggaran dari apa yang telah diperintahkan oleh Allah seperti QS diatas. Saya langsung menanyakan hal ini karena ingin mendapat penjelasan/dalil yang menguatkannya. Alasan yang disampaikan adalah karena mereka itu masih termasuk “Ahli Kitab”. Bahkan pemberi tausiyah itu memberikan contoh akan sejarah Rasulullah SAW ketika mendapat pemberian berupa hewan sembelihan dari orang Nasrani dan Yahudi (Ahli Kitab) dan Rasulullah menerimanya untuk dimakan.
 Alasan yang disampaikan tersebut, hati kecil saya belum menerima apalagi dengan menyebutkan “Ahli Kitab”. Lebih jauh lagi kalau “Ahli Kitab” ini yang dijadikan argumen/alasan, bagaimana halnya yang berkaitan dengan proses pernikahan antara seorang muslim dengan non muslim? Apakah dengan dalih Ahli Kitab, sehingga proses pernikahannya dapat dibenarkan oleh Islam?
Tanpa saya bantah karena mengingat keterbatasan ilmu dan keterbatasan waktu, maka saya urungkan untuk menanyakan arti dari “Ahli Kitab” itu sendiri. Dan Alhamdulillah, walaupun beberapa point tsb buat saya berlainan pemahaman, tetapi itu merupakan suatu ilmu yang harus diterima dalam rangka menambah khasanah tentang Islam.
Itulah wacana yang disampaikan dan sekarang mari kita lihat Pembahasan Kaji Diri sesuai Tema diatas.

Sebagai seorang muslim, sudah sering kita mendengar dan meyakini bahwa Agama Islam adalah agama yang diridhoi oleh Allah. Karena apabila kita meyakini agama selain Islam maka kita akan rugi.

إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الإسْلامُ وَمَا اخْتَلَفَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ إِلا مِنْ بَعْدِ مَا جَاءَهُمُ الْعِلْمُ بَغْيًا بَيْنَهُمْ وَمَنْ يَكْفُرْ بِآيَاتِ اللَّهِ فَإِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ
Sesungguhnya agama (yang diridai) di sisi Allah hanyalah Islam. Tiada berselisih orang-orang yang telah diberi Al Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepada mereka, karena kedengkian (yang ada) di antara mereka. Barang siapa yang kafir terhadap ayat-ayat Allah maka sesungguhnya Allah sangat cepat hisab-Nya. (QS 3:19)

وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الإسْلامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ
Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi. (QS 3:85)
 Untuk itu jika kita sudah tau dan meyakini bahwa Islam adalah agama yang diridhoi oleh Allah maka kita harus benar-benar menjalankan aturan-aturan Islam, aturan-aturan yang telah dibuat oleh Allah untuk manusia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, karena Allah-lah yang menguasai segala aturan-aturanNya, ketika hari pembalasan tiba, yaitu Islam.

مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ
Yang menguasai di Hari Pembalasan. (QS 1:4)

Dien disini adalah Agama/Aturan. Jadi pada saat hari Pembalasan tiba, aturan Allah-lah berlaku yaitu aturan Islam. Jangan dicampuradukkan antara aturan Islam dengan aturan-aturan lainnya.
 Seperti pada kajian sebelumnya bahwa agar Allah Ridho kita beragama Islam (memakai aturan-aturan Islam) tentu ada syarat-syarat yang harus kita penuhi. Kita Ridho beragama Islam, akan tetapi apakah Allah Ridho kita beragama Islam? Jika Allah sudah Ridho kepada kita dan kitapun Ridho kepadaNya, maka :
جَزَاؤُهُمْ عِنْدَ رَبِّهِمْ جَنَّاتُ عَدْنٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ ذَلِكَ لِمَنْ خَشِيَ رَبَّهُ
Balasan mereka di sisi Tuhan mereka ialah syurga `Adn yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha terhadap mereka dan merekapun ridha kepadaNya. Yang demikian itu adalah (balasan) bagi orang yang takut kepada Tuhannya. (QS 98:8)

Itu adalah janji Allah yang sama-sama kita sepakati bahwa Janji Allah pasti Benar.

يَاأَيُّهَا النَّاسُ إِنَّ وَعْدَ اللَّهِ حَقٌّ فَلَا تَغُرَّنَّكُمُ الْحَيَاةُ الدُّنْيَا وَلَا يَغُرَّنَّكُمْ بِاللَّهِ الْغَرُورُ
Hai manusia, sesungguhnya janji Allah adalah benar, maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu dan sekali-kali janganlah syaitan yang pandai menipu, memperdayakan kamu tentang Allah. (QS 35:5)

Untuk itulah kita harus pahami kembali mengenai syarat-syarat tsb.

حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ وَالْمُنْخَنِقَةُ وَالْمَوْقُوذَةُ وَالْمُتَرَدِّيَةُ وَالنَّطِيحَةُ وَمَا أَكَلَ السَّبُعُ إِلا مَا ذَكَّيْتُمْ وَمَا ذُبِحَ عَلَى النُّصُبِ وَأَنْ تَسْتَقْسِمُوا بِالأزْلامِ ذَلِكُمْ فِسْقٌ الْيَوْمَ يَئِسَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ دِينِكُمْ فَلا تَخْشَوْهُمْ وَاخْشَوْنِ الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ وَأَتْمَمْتُ عَلَيْكُمْ نِعْمَتِي وَرَضِيتُ لَكُمُ الإسْلامَ دِينًا فَمَنِ اضْطُرَّ فِي مَخْمَصَةٍ غَيْرَ مُتَجَانِفٍ لإثْمٍ فَإِنَّ اللَّهَ غَفُورٌ رَحِيمٌ
Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang dipukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS 5:3)

وَلَا تَأْكُلُوا مِمَّا لَمْ يُذْكَرِ اسْمُ اللَّهِ عَلَيْهِ وَإِنَّهُ لَفِسْقٌ وَإِنَّ الشَّيَاطِينَ لَيُوحُونَ إِلَى أَوْلِيَائِهِمْ لِيُجَادِلُوكُمْ وَإِنْ أَطَعْتُمُوهُمْ إِنَّكُمْ لَمُشْرِكُونَ
Dan janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan. Sesungguhnya syaitan itu membisikkan kepada kawan-kawannya agar mereka membantah kamu; dan jika kamu menuruti mereka, sesungguhnya kamu tentulah menjadi orang-orang yang musyrik. (QS 6:121)

QS 5:3 diatas adalah larangan-larangan dari Allah yang mesti kita jauhi. Jika hal ini sudah kita lakukan untuk menjauhinya, tidak kita kerjakan, sudah pasti orang-orang kafir tidak akan bisa mengalahkan agama Islam, sempurnalah agama Islam yang kita jalankan, kita akan memperoleh nikmat dari Allah dan mendapat Ridho dari Allah SWT, Subhanallah..

Kata Ridho dalam persamaan bahasa Indonesia (sinonim) adalah senang. Contoh kecilnya, seumpama dalam rumah tangga, kita membuat suatu peraturan dan semua anggota keluarga menjalankan peraturan dan tidak melanggar aturan-aturan itu, bagaimana suasana hati kita?

Janji Allah yang lain apabila Allah telah Ridho adalah

وَعَدَ اللَّهُ الَّذِينَ ءَامَنُوا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِي الْأَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِينَ مِنْ قَبْلِهِمْ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِينَهُمُ الَّذِي ارْتَضَى لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِنْ بَعْدِ خَوْفِهِمْ أَمْنًا يَعْبُدُونَنِي لَا يُشْرِكُونَ بِي شَيْئًا وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذَلِكَ فَأُولَئِكَ هُمُ الْفَاسِقُونَ
Dan Allah telah berjanji kepada orang-orang yang beriman di antara kamu dan mengerjakan amal-amal yang saleh bahwa Dia sungguh-sungguh akan menjadikan mereka berkuasa dimuka bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh Dia akan meneguhkan bagi mereka agama yang telah diridhai-Nya untuk mereka, dan Dia benar-benar akan menukar (keadaan) mereka, sesudah mereka dalam ketakutan menjadi aman sentausa. Mereka tetap menyembahku-Ku dengan tiada mempersekutukan sesuatu apapun dengan Aku. Dan barangsiapa yang (tetap) kafir sesudah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik. (QS 24:55)

Kita lihat kembali pada QS 5:3 dan ayat selanjutnya :

يَسْأَلُونَكَ مَاذَا أُحِلَّ لَهُمْ قُلْ أُحِلَّ لَكُمُ الطَّيِّبَاتُ وَمَا عَلَّمْتُمْ مِنَ الْجَوَارِحِ مُكَلِّبِينَ تُعَلِّمُونَهُنَّ مِمَّا عَلَّمَكُمُ اللَّهُ فَكُلُوا مِمَّا أَمْسَكْنَ عَلَيْكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ عَلَيْهِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ
Mereka menanyakan kepadamu: “Apakah yang dihalalkan bagi mereka?”. Katakanlah: “Dihalalkan bagimu yang baik-baik dan (buruan yang ditangkap) oleh binatang buas yang telah kamu ajar dengan melatih nya untuk berburu; kamu mengajarnya menurut apa yang telah diajarkan Allah kepadamu,Maka makanlah dari apa yang ditangkapnya untukmu [400], dan sebutlah nama Allah atas binatang buas itu (waktu melepaskannya). Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah amat cepat hisab-Nya. (QS 5:4)

الْيَوْمَ أُحِلَّ لَكُمُ الطَّيِّبَاتُ وَطَعَامُ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ حِلٌّ لَكُمْ وَطَعَامُكُمْ حِلٌّ لَهُمْ وَالْمُحْصَنَاتُ مِنَ الْمُؤْمِنَاتِ وَالْمُحْصَنَاتُ مِنَ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ مِنْ قَبْلِكُمْ إِذَا ءَاتَيْتُمُوهُنَّ أُجُورَهُنَّ مُحْصِنِينَ غَيْرَ مُسَافِحِينَ وَلَا مُتَّخِذِي أَخْدَانٍ وَمَنْ يَكْفُرْ بِالْإِيمَانِ فَقَدْ حَبِطَ عَمَلُهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ
Pada hari ini dihalalkan bagimu yang baik-baik. Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al Kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal (pula) bagi mereka. (Dan dihalalkan mangawini) wanita yang menjaga kehormatan [402] diantara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al Kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar mas kawin mereka dengan maksud menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan tidak (pula) menjadikannya gundik-gundik. Barangsiapa yang kafir sesudah beriman (tidak menerima hukum-hukum Islam) maka hapuslah amalannya dan ia di hari kiamat termasuk orang-orang merugi. (QS 5:5)

Merujuk kepada wacana yang telah dipaparkan diatas, maka pada QS 5:5 inilah InsyaAllah akan dikaji lebh jauh mengenai Ahli Kitab. Siapakah/yang manakah orang-orang (umat) yang disebut sebagai Ahli Kitab?

Definisi dari Ahli Kitab itu sendiri dilihat dari sudut pandang agama Islam (orang beriman) adalah orang-orang (umat) yang mendapatkan kitab dari Allah (Zabur, Taurat, Injil dan Al-Qur’an), yang masih berTuhan kepada Allah. Jadi apabila umat yang berTuhan selain kepada Allah maka bukan disebut Ahli Kitab. Hal ini Allah telah memerintahkan kepada Rasulullah :

قُلْ يَاأَهْلَ الْكِتَابِ تَعَالَوْا إِلَى كَلِمَةٍ سَوَاءٍ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ أَلَّا نَعْبُدَ إِلَّا اللَّهَ وَلَا نُشْرِكَ بِهِ شَيْئًا وَلَا يَتَّخِذَ بَعْضُنَا بَعْضًا أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ فَإِنْ تَوَلَّوْا فَقُولُوا اشْهَدُوا بِأَنَّا مُسْلِمُونَ
Katakanlah: “Hai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai tuhan selain Allah”. Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: “Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)”. (QS 3:64)

Bukti bahwa mereka bukan Ahli Kitab (Yahudi dan Nasrani) adalah :

  • NASRANI :

لَقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْمَسِيحُ ابْنُ مَرْيَمَ قُلْ فَمَنْ يَمْلِكُ مِنَ اللَّهِ شَيْئًا إِنْ أَرَادَ أَنْ يُهْلِكَ الْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَأُمَّهُ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا وَلِلَّهِ مُلْكُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا يخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَاللَّهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah itu ialah Al Masih putera Maryam”. Katakanlah: “Maka siapakah (gerangan) yang dapat menghalang-halangi kehendak Allah, jika Dia hendak membinasakan Al Masih putera Maryam itu beserta ibunya dan seluruh orang-orang yang berada di bumi kesemuanya?”. Kepunyaan Allahlah kerajaan langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya; Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. (5:17)

لَقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْمَسِيحُ ابْنُ مَرْيَمَ وَقَالَ الْمَسِيحُ يَابَنِي إِسْرَائِيلَ اعْبُدُوا اللَّهَ رَبِّي وَرَبَّكُمْ إِنَّهُ مَنْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ وَمَأْوَاهُ النَّارُ وَمَا لِلظَّالِمِينَ مِنْ أَنْصَارٍ
Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: “Sesungguhnya Allah ialah Al Masih putera Maryam”, padahal Al Masih (sendiri) berkata: “Hai Bani Israil, sembahlah Allah Tuhanku dan Tuhanmu”. Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun. (S 5:72)

لَقَدْ كَفَرَ الَّذِينَ قَالُوا إِنَّ اللَّهَ ثَالِثُ ثَلَاثَةٍ وَمَا مِنْ إِلَهٍ إِلَّا إِلَهٌ وَاحِدٌ وَإِنْ لَمْ يَنْتَهُوا عَمَّا يَقُولُونَ لَيَمَسَّنَّ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْهُمْ عَذَابٌ أَلِيمٌ
Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan: “Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga”, padahal sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan itu, pasti orang-orang yang kafir diantara mereka akan ditimpa siksaan yang pedih. (QS 5:73)

  • YAHUDI

وَقَالَتِ الْيَهُودُ عُزَيْرٌ ابْنُ اللَّهِ وَقَالَتِ النَّصَارَى الْمَسِيحُ ابْنُ اللَّهِ ذَلِكَ قَوْلُهُمْ بِأَفْوَاهِهِمْ يُضَاهِئُونَ قَوْلَ الَّذِينَ كَفَرُوا مِنْ قَبْلُ قَاتَلَهُمُ اللَّهُ أَنَّى يُؤْفَكُونَ
Orang-orang Yahudi berkata: “Uzair itu putera Allah” dan orang-orang Nasrani berkata: “Al Masih itu putera Allah”. Demikianlah itu ucapan mereka dengan mulut mereka, mereka meniru perkataan orang-orang kafir yang terdahulu. Dilaknati Allah mereka , bagaimana mereka sampai berpaling? (QS 9:30)

اتَّخَذُوا أَحْبَارَهُمْ وَرُهْبَانَهُمْ أَرْبَابًا مِنْ دُونِ اللَّهِ وَالْمَسِيحَ ابْنَ مَرْيَمَ وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا إِلَهًا وَاحِدًا لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ سُبْحَانَهُ عَمَّا يُشْرِكُونَ
Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. (QS 9:31)

Itu adalah bukti bahwa mereka (Yahudi dan Nasrani) bukan termasuk Ahli Kitab.

Bagaimana halnya dengan proses pernikahan yang berlainan agama (muslim dengan non muslim)?

وَلَا تَنْكِحُوا الْمُشْرِكَاتِ حَتَّى يُؤْمِنَّ وَلَأَمَةٌ مُؤْمِنَةٌ خَيْرٌ مِنْ مُشْرِكَةٍ وَلَوْ أَعْجَبَتْكُمْ وَلَا تُنْكِحُوا الْمُشْرِكِينَ حَتَّى يُؤْمِنُوا وَلَعَبْدٌ مُؤْمِنٌ خَيْرٌ مِنْ مُشْرِكٍ وَلَوْ أَعْجَبَكُمْ أُولَئِكَ يَدْعُونَ إِلَى النَّارِ وَاللَّهُ يَدْعُو إِلَى الْجَنَّةِ وَالْمَغْفِرَةِ بِإِذْنِهِ وَيُبَيِّنُ ءَايَاتِهِ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ
Dan janganlah kamu menikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mu`min lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mu`min) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mu`min lebih baik dari orang musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintah-Nya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran. (QS 2:221)

Demikian Kaji Diri ini, mudah-mudahan apa yang telah diuraikan dapat menjadikan ilmu dan khasanah tentang Islam, sehingga dalam menjalankan Agama Islam (aturan-aturan Islam) kita mendapat Ridho dari Allah SWT, Aamiin…

Wassalaamu’alaikum..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar