TENTANG RIUNGAN KAJI DIRI


Tentang "RIUNGAN'S KAJI DIRI"







بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

Assalaamu’alaikum Wr.Wb.


Alhamdulillah, hendaknya senantiasa kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT karena atas segala nikmat, rahmat dan karunia serta bimbingan-Nya kita masih diberi kesempatan dan kekuatan dalam menjalani hidup ini.


Judul dari Blog ini diartikan secara harfiah adalah "Kumpul-kumpul bersama secara kekeluargaan dalam rangka Mengkaji Diri dengan Al-Qur'an.


Namun jika diartikan adalah RIngkasan, UNGkapan, ANalisa dan Solusi dalam Mengkaji Diri dengan berpedoman kepada Al-Qur'an dan Sunnah.



Blog ini bertujuan untuk saling memberikan, saling mengingatkan dan berbagi informasi khususnya mengenai Agama Islam yang dititik beratkan  bersumber dari Al-Qur’an, Hadits dan sumber lainnya yang saling berkaitan. Yang lebih terpenting daripada tujuan Blog ini adalah bahwa saya mengajak kepada saudara-saudaraku semua untuk menjadikan Al-Qur’an dan Hadits sebagai pedoman hidup kita dalam rangka beribadah kepada Allah dan kepada sesama manusia (Hablumminallah & Hablumminannas) sehingga kita bisa menjaga diri dan keluarga dari siksa api neraka, firman Allah SWT :



At-Tahrim:006 (QS 66:6)
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ
Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.
Dari firman Allah diatas yang pertama kali disebutkan adalah kepada diri pribadi baru setelahnya keluarga. Bagaimana mungkin kita akan mengajak keluarga kita untuk melaksanakan aturan-aturan Allah tetapi kita sendiri belum melaksanakan aturan-aturanNya? amat besar kemurkaan Allah apabila kita mengatakan tetapi kita tidak mengerjakannya.

Kemudian bagaimanakah cara kita agar terhindar dari api neraka?
Untuk itu sebagai jawaban dari pertanyaan tersebut, kiranya blog ini sedikit banyaknya dapat menjawabnya.   Sebagai jawabannya, seperti sudah saya kemukakan diatas bahwa dititik beratkan dari Al-Qur'an karena Al-Qur'an inilah sebagai petunjuk untuk manusia yang isinya menjelaskan dari petunjuk itu mana yang haq dan mana yang bathil. Kemudian ditambah dari beberapa Hadits dan literatur lainnya yang tentunya Insya Allah tidak akan bertentangan dengan Al-Qur'an.  
Kajian yang dituangkan dari Blog ini terdiri dari beberapa Kategori yang berkenaan dengan Ajaran Islam dan tiap-tiap kategori tersebut memiliki alasan dalam penamaannya.
Kategori tersebut adalah
  • Kajian Diri Mingguan
Maksud penamaan Kategori ini berdasarkan catatan saya mengikut kegiatan rutin yang diadakan satu kali dalam seminggu. Kegiatan ini kami namakan dengan "KAJI DIRI dengan AL-QUR'AN". Jadi semua bahasan yang diuraikan adalah bahasan yang saya terima ketika mengikuti kegiatan tersebut.

  • Kisah Islami
Kategori ini berisikan artikel yang memuati kisah-kisah atau cerita-cerita yang saya kumpulkan dan mungkin saja sudah sering atau sudah umum di publikasikan.

  • La Tahzan Jangan Bersedih
Artikel ini murni saya angkat dari buku La Tahzan yang mudah-mudahan isi dari uraian-uraiannya dapat menginspirasikan dan menjadikan motivasi dalam menjalankan kehidupan.

  • Kajian Islami
Sama halnya dengan Kisah Islami, namun pada kategori ini berisikan tulisan-tulisan hasil karya saudara-saudara kita yang mudah-mudahan bermanfaat.

Tak lupa saya ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya jika isi dari semua uraian ini tidak berkenan di hati saudara-saudaraku sekalian dan terdapat kesalahan atau kekeliruan dalam penulisannya sebab saya adalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan, kealpaan, kekhilafan. Kebenaran itu dari Allah dan kesalahan itu dari saya pribadi.
Mudah-mudahan dengan Blog ini dapat menambah ilmu dan dapat menambah keimanan sehingga dalam kehidupan sehari-hari dapat kita ‘amalkan, Aamiin..
Wassalaamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar