بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Assalaamu’alaikum Wr.Wb.
Segala Puji bagi Allah hendaknya senantiasa kita panjatkan karena hingga kini kita masih diberikan kesempatan untuk dapat saling berbagi dan kita masih diberikan kenikmatan yang jikalau kita hitung nikmat itu, tidak akan sanggup kita menghitungnya.
Untuk mengungkap Keindahan daripada Wudhu itu sendiri, selanjutnya marilah sama-sama kita pahami filosofi dari gerakan wudhu yang mana pada pembahasan ini memaknai gerakan mengusap kepala serta kuping dan membasuh kaki hingga matakaki dengan berpedoman kepada Al-Qur'an dan Hadits.
Penomoran dilanjutkan dari nomor pembahasan sebelumnya, yang masih dalam satu rangkain pembahasan ini.
Perlu ditekankan sekali lagi bahwa pembahasan mengenai wudhu secara keseluruhan ini tidak menyinggung kepada jumlah bilangannya, berapa kali harus dilakukan. Tetapi yang kami tekankan disini adalah lebih kepada hakikat daripada gerakan wudhu sendiri. Untuk mengetahui hal tersebut (jumlah bilangan), silahkan anda mencari tahu karena cukup banyak yang membahas soal tersebut.
8. MENGUSAP KEPALA
Seperti kita tahu bahwa kepala ini adalah tempatnya otak yang berfungsi untuk berfikir, menimbang dan mengingat. Ketiganya itulah apabila disatukan menjadi pola pikir. Dengan berwudhu inilah mengandung makna agar hendaknya memfungsikan pola pikir kita, bahwa dalam penciptaan langit dan bumi beserta isinya tidaklah ada yang sia-sia.
Ali-`Imraan:191
الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.
Pola pikir inilah yang tidak dimiliki oleh makhluk-makhluk lainnya sehingga peran manusia dimuka bumi ini adalah sebagai khalifah. Pola pikir yang kita miliki hendaknya digunakan untuk kemaslahatan, digunakan untuk kepentingan yang bermanfaat, berfikir secara positif (husnuzon). Seperti halnya Allah menciptakan berupa nyamuk, yang dengannya bagi orang-orang yang memiliki dan memanfaatkan pola pikirnya maka dibuatlah pabrik obat nyamuk. Sungguh menjadi manfaat yang luar biasa. Ini adalah sebagai contoh nyata yang ada. Janganlah sebaliknya, kita memfungsikan pola pikir kita yang tiada guna.
Al-Baqarah:026
إِنَّ اللَّهَ لَا يَسْتَحْيِي أَنْ يَضْرِبَ مَثَلًا مَا بَعُوضَةً فَمَا فَوْقَهَا فَأَمَّا الَّذِينَ ءَامَنُوا فَيَعْلَمُونَ أَنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّهِمْ وَأَمَّا الَّذِينَ كَفَرُوا فَيَقُولُونَ مَاذَا أَرَادَ اللَّهُ بِهَذَا مَثَلًا يُضِلُّ بِهِ كَثِيرًا وَيَهْدِي بِهِ كَثِيرًا وَمَا يُضِلُّ بِهِ إِلَّا الْفَاسِقِينَ
Sesungguhnya Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, maka mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan : "Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?." Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik,
An-Nahl:013
An-Nahl:067
An-Nahl:069
An-Nahl:013
وَمَا
ذَرَأَ
لَكُمْ فِي
الْأَرْضِ
مُخْتَلِفًا
أَلْوَانُهُ
إِنَّ فِي
ذَلِكَ
لَآيَةً
لِقَوْمٍ
يَذَّكَّرُونَ
dan Dia (menundukkan pula) apa yang Dia
ciptakan untuk kamu di bumi ini dengan berlain-lainan macamnya.
Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda
(kekuasaan Allah) bagi kaum yang mengambil pelajaran.An-Nahl:067
وَمِنْ
ثَمَرَاتِ
النَّخِيلِ
وَالْأَعْنَابِ
تَتَّخِذُونَ
مِنْهُ
سَكَرًا
وَرِزْقًا
حَسَنًا
إِنَّ فِي
ذَلِكَ
لَآيَةً لِقَوْمٍ
يَعْقِلُونَ
Dan dari buah korma dan anggur, kamu buat
minimuman yang memabukkan dan rezki yang baik. Sesunggguhnya pada yang
demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang
yang memikirkan.An-Nahl:069
ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلًا يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ
kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.Dari Surat tersebut diatas, kita temukan kata :
1. yadzzakkaruun, ini adalah fungsi otak untuk berdzikir (ingatan)
2. ya'qiluun, ini adalah fungsi otak sebagai akal (timbang)
3. yatafakkaruun, ini adalah fungsi otak untuk berfikir (hitung).
Banyak sekali ditemukan dalam Al-Qur'an kalimat yang diperuntukkan bagi orang-orang yang berfikir.
9. MENGUSAP KEDUA TELINGA
Telinga adalah bagian dari kepala, yang memiliki fungsi untuk mendengar. Filosofi dari gerakan ini maka hendaknya kita memfungsikan telinga kita untuk mendengarkan ayat-ayat Allah.
Dari ayat tersebut, jika kita tidak mau memfungsikan hati, mata dan telinga untuk mendengarkan ayat-ayat Allah maka diumpamakan seperti binatang ternak bahkan lebih sesat lagi.
Kenapa Allah mengumpamakan seperti binatang ternak ?
Contoh binatang ternak seperti yang dijelaskan kedua surat diatas adalah kuda, bagal dan keledai. Binatang ini seperti kita ketahui dapat kita gunakan sebagai alat tunggangan. Itulah perumpamaannya, jika kita tidak memfungsikan hati, mata, telinga maka tidak ubahnya kita seperti binatang itu yakni dapat dengan mudah kita diperalat menjadi alat tunggangan. Mudah sekali kita dipengaruhi oleh hal-hal atau norma-norma yang berlawanan dengan ajaran Islam. Padahal sudah jelas bagi orang Islam bahwa pedomannya adalah Al-Qur'an, namun apalah artinya Al-Qur'an itu sebagai pedoman hidupnya jika masih seperti binatang ternak yang mendustakan ayat-ayat Allah.
10. MEMBASUH KEDUA KAKI HINGGA MATA KAKI
Kaki mempunyai fungsi untuk berjalan atau melangkah. Dari gerakan wudhu ini mempunyai filosofi bahwa sudah sampai sejauh manakah perjalan yang kita tempuh dalam mengarungi kehidupan di dunia yang fana ini? berapa banyak bekal yang sudah kita persiapkan untuk menghadapi hari esok (hari akhir)?
Al-Hasyr:018
Dunia adalah tempat persinggahan sementara dan sebagai ladang akherat tempat untuk mengumpulkan bekal untuk menempuh perjalanan menuju negeri yang kekal abadi itu.
Kita sudah diingatkan agar setiap diri memperhatikan apa yang telah kita perbuat sebagai bekal kita kelak. Janganlah langkah kita dipergunakan mengikuti langkah-langkah syaitan.
Dari Surat tersebut diatas, manakah perbuatan yang keji dan mungkar sebagai langkah-langkah syaitan itu ?
Al-Maaidah:090
Al-Maaidah:091
Al-An`aam:112
Al-Israa`:027
Al-Israa`:032
Al-A`raaf:179
وَلَقَدْ
ذَرَأْنَا
لِجَهَنَّمَ
كَثِيرًا
مِنَ
الْجِنِّ
وَالْإِنْسِ
لَهُمْ قُلُوبٌ
لَا
يَفْقَهُونَ
بِهَا
وَلَهُمْ أَعْيُنٌ
لَا
يُبْصِرُونَ
بِهَا
وَلَهُمْ ءَاذَانٌ
لَا
يَسْمَعُونَ
بِهَا
أُولَئِكَ كَالْأَنْعَامِ
بَلْ هُمْ
أَضَلُّ
أُولَئِكَ
هُمُ
الْغَافِلُونَ
Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi
neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati,
tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan
mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat
(tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi)
tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu
sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah
orang-orang yang lalai.Dari ayat tersebut, jika kita tidak mau memfungsikan hati, mata dan telinga untuk mendengarkan ayat-ayat Allah maka diumpamakan seperti binatang ternak bahkan lebih sesat lagi.
Kenapa Allah mengumpamakan seperti binatang ternak ?
An-Nahl:008
وَالْخَيْلَ
وَالْبِغَالَ
وَالْحَمِيرَ
لِتَرْكَبُوهَا
وَزِينَةً
وَيَخْلُقُ
مَا لَا
تَعْلَمُونَ
dan (Dia telah menciptakan) kuda, bagal, dan keledai, agar kamu menungganginya dan (menjadikannya) perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya.
Al-Jumu`ah:005
مَثَلُ
الَّذِينَ
حُمِّلُوا
التَّوْرَاةَ
ثُمَّ لَمْ
يَحْمِلُوهَا
كَمَثَلِ
الْحِمَارِ
يَحْمِلُ
أَسْفَارًا
بِئْسَ
مَثَلُ الْقَوْمِ
الَّذِينَ
كَذَّبُوا
بِآيَاتِ
اللَّهِ وَاللَّهُ
لَا يَهْدِي
الْقَوْمَ
الظَّالِمِينَ
Perumpamaan orang-orang yang dipikulkan kepadanya Taurat, kemudian mereka tiada memikulnya adalah seperti keledai yang membawa kitab-kitab yang tebal.
Amatlah buruknya perumpamaan kaum yang mendustakan ayat-ayat Allah itu.
Dan Allah tiada memberi petunjuk kepada kaum yang zalim.Contoh binatang ternak seperti yang dijelaskan kedua surat diatas adalah kuda, bagal dan keledai. Binatang ini seperti kita ketahui dapat kita gunakan sebagai alat tunggangan. Itulah perumpamaannya, jika kita tidak memfungsikan hati, mata, telinga maka tidak ubahnya kita seperti binatang itu yakni dapat dengan mudah kita diperalat menjadi alat tunggangan. Mudah sekali kita dipengaruhi oleh hal-hal atau norma-norma yang berlawanan dengan ajaran Islam. Padahal sudah jelas bagi orang Islam bahwa pedomannya adalah Al-Qur'an, namun apalah artinya Al-Qur'an itu sebagai pedoman hidupnya jika masih seperti binatang ternak yang mendustakan ayat-ayat Allah.
10. MEMBASUH KEDUA KAKI HINGGA MATA KAKI
Kaki mempunyai fungsi untuk berjalan atau melangkah. Dari gerakan wudhu ini mempunyai filosofi bahwa sudah sampai sejauh manakah perjalan yang kita tempuh dalam mengarungi kehidupan di dunia yang fana ini? berapa banyak bekal yang sudah kita persiapkan untuk menghadapi hari esok (hari akhir)?
Al-Hasyr:018
يَاأَيُّهَا
الَّذِينَ
ءَامَنُوا
اتَّقُوا
اللَّهَ
وَلْتَنْظُرْ
نَفْسٌ مَا
قَدَّمَتْ
لِغَدٍ
وَاتَّقُوا
اللَّهَ
إِنَّ اللَّهَ
خَبِيرٌ
بِمَا
تَعْمَلُونَ
Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada
Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah
diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah,
sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.Dunia adalah tempat persinggahan sementara dan sebagai ladang akherat tempat untuk mengumpulkan bekal untuk menempuh perjalanan menuju negeri yang kekal abadi itu.
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan sikap yang benar dalam kehidupan di dunia dengan sabdanya:
“Jadilah kamu di dunia seperti orang asing atau orang yang sedang melakukan perjalanan”
Persiapan
sebagai bekal untuk hari esok yang kekal adalah akhirat. Tentu sebelum
kita mencapai akhirat sudah pasti melalui proses kematian terlebih
dahulu, tidak ada seorangpun yang luput dari kematian.
Al-`Ankabuut:057
كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ثُمَّ إِلَيْنَا تُرْجَعُونَ
Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan. (QS 29:57)
Untuk membahas masalah persiapan menuju hari esok, silahkan anda bisa klik disini, karena akan terlalu panjang jika diuraikan dalam kajian ini.Kita sudah diingatkan agar setiap diri memperhatikan apa yang telah kita perbuat sebagai bekal kita kelak. Janganlah langkah kita dipergunakan mengikuti langkah-langkah syaitan.
An-Nuur:021
يَاأَيُّهَا
الَّذِينَ
ءَامَنُوا
لَا تَتَّبِعُوا
خُطُوَاتِ
الشَّيْطَانِ
وَمَنْ يَتَّبِعْ
خُطُوَاتِ
الشَّيْطَانِ
فَإِنَّهُ
يَأْمُرُ
بِالْفَحْشَاءِ
وَالْمُنْكَرِ
وَلَوْلَا
فَضْلُ
اللَّهِ
عَلَيْكُمْ
وَرَحْمَتُهُ
مَا زَكَا
مِنْكُمْ
مِنْ أَحَدٍ
أَبَدًا وَلَكِنَّ
اللَّهَ
يُزَكِّي
مَنْ يَشَاءُ
وَاللَّهُ
سَمِيعٌ
عَلِيمٌ
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu
mengikuti langkah-langkah syaitan. Barangsiapa yang mengikuti
langkah-langkah syaitan, maka sesungguhnya syaitan itu menyuruh
mengerjakan perbuatan yang keji dan yang mungkar. Sekiranya tidaklah
karena kurnia Allah dan rahmat-Nya kepada kamu sekalian, niscaya tidak
seorangpun dari kamu bersih (dari perbuatan-perbuatan keji dan mungkar
itu) selama-lamanya, tetapi Allah membersihkan siapa yang
dikehendaki-Nya. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.Dari Surat tersebut diatas, manakah perbuatan yang keji dan mungkar sebagai langkah-langkah syaitan itu ?
An-Nisaa`:120
يَعِدُهُمْ
وَيُمَنِّيهِمْ
وَمَا
يَعِدُهُمُ
الشَّيْطَانُ
إِلَّا
غُرُورًا
Syaitan itu memberikan janji-janji kepada mereka
dan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka, padahal syaitan itu
tidak menjanjikan kepada mereka selain dari tipuan belaka.Al-Maaidah:090
يَاأَيُّهَا
الَّذِينَ
ءَامَنُوا
إِنَّمَا
الْخَمْرُ
وَالْمَيْسِرُ
وَالْأَنْصَابُ
وَالْأَزْلَامُ
رِجْسٌ مِنْ
عَمَلِ
الشَّيْطَانِ
فَاجْتَنِبُوهُ
لَعَلَّكُمْ
تُفْلِحُونَ
Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.Al-Maaidah:091
إِنَّمَا
يُرِيدُ
الشَّيْطَانُ
أَنْ يُوقِعَ
بَيْنَكُمُ
الْعَدَاوَةَ
وَالْبَغْضَاءَ
فِي
الْخَمْرِ
وَالْمَيْسِرِ
وَيَصُدَّكُمْ
عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ
وَعَنِ
الصَّلَاةِ
فَهَلْ
أَنْتُمْ
مُنْتَهُونَ
Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak
menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum)
khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan
sembahyang; maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).Al-An`aam:112
وَكَذَلِكَ
جَعَلْنَا
لِكُلِّ
نَبِيٍّ عَدُوًّا
شَيَاطِينَ
الْإِنْسِ
وَالْجِنِّ يُوحِي
بَعْضُهُمْ
إِلَى بَعْضٍ
زُخْرُفَ الْقَوْلِ
غُرُورًا
وَلَوْ شَاءَ
رَبُّكَ مَا
فَعَلُوهُ
فَذَرْهُمْ
وَمَا
يَفْتَرُونَ
Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi
itu musuh, yaitu syaitan-syaitan (dari jenis) manusia dan (dan jenis)
jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain
perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia). Jikalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan.Al-Israa`:027
إِنَّ
الْمُبَذِّرِينَ
كَانُوا
إِخْوَانَ
الشَّيَاطِينِ
وَكَانَ
الشَّيْطَانُ
لِرَبِّهِ
كَفُورًا
Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Tuhannya.Al-Israa`:032
وَلَا
تَقْرَبُوا
الزِّنَا
إِنَّهُ
كَانَ فَاحِشَةً
وَسَاءَ
سَبِيلًا
Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.Al-Israa`:053
وَقُلْ
لِعِبَادِي
يَقُولُوا
الَّتِي هِيَ
أَحْسَنُ
إِنَّ
الشَّيْطَانَ
يَنْزَغُ بَيْنَهُمْ
إِنَّ
الشَّيْطَانَ
كَانَ لِلْإِنْسَانِ
عَدُوًّا
مُبِينًا
Dan katakanlah kepada hamha-hamba-Ku: "Hendaklah
mereka mengucapkan perkataan yang lebih baik (benar). Sesungguhnya
syaitan itu menimbulkan perselisihan di antara mereka. Sesungguhnya
syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia.Al-Hajj:004
كُتِبَ
عَلَيْهِ
أَنَّهُ مَنْ
تَوَلَّاهُ فَأَنَّهُ
يُضِلُّهُ
وَيَهْدِيهِ
إِلَى عَذَابِ
السَّعِيرِ
yang telah ditetapkan terhadap syaitan itu, bahwa
barangsiapa yang berkawan dengan dia, tentu dia akan menyesatkannya,
dan membawanya ke azab neraka.Syaitan itu jika diartikan adalah kejahatan, jadi ini bisa terdapat pada Jin dan Manusia (lihat QS Al-Anaam:112).
Dengan membasuh kaki hingga mata kaki sebagai prosesi wudhu yang terakhir, kita diingatkan kembali akan rangkaian dari pada wudhu itu sendiri dari awal sampai akhir, secara terus menerus dan berulang-ulang. Sungguh luar biasa ajaran Agama Islam. Insya Allah jika kesemua gerakan Wudhu itu kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari maka jelaslah firman Allah bahwa Shalat itu dapat mencegah perbuatan keji dan mungkar. Di wajah mereka terdapat tanda-tanda bekas sujud. Air wudhunya akan bercahaya di hari akhirat kelak dan Shalatlah yang pertama-tama kali dihisab, begitulah Sabda Nabi.
Al-`Ankabuut:045
اتْلُ
مَا أُوحِيَ
إِلَيْكَ
مِنَ
الْكِتَابِ
وَأَقِمِ الصَّلَاةَ
إِنَّ
الصَّلَاةَ
تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ
وَالْمُنْكَرِ
وَلَذِكْرُ اللَّهِ
أَكْبَرُ
وَاللَّهُ
يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ
Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur`an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji
dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih
besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah
mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Al-Fath:029
مُحَمَّدٌ
رَسُولُ
اللَّهِ
وَالَّذِينَ
مَعَهُ
أَشِدَّاءُ
عَلَى
الْكُفَّارِ
رُحَمَاءُ
بَيْنَهُمْ
تَرَاهُمْ
رُكَّعًا سُجَّدًا
يَبْتَغُونَ
فَضْلًا مِنَ
اللَّهِ وَرِضْوَانًا
سِيمَاهُمْ
فِي
وُجُوهِهِمْ
مِنْ أَثَرِ
السُّجُودِ
ذَلِكَ
مَثَلُهُمْ
فِي
التَّوْرَاةِ
وَمَثَلُهُمْ
فِي الْإِنْجِيلِ
كَزَرْعٍ
أَخْرَجَ
شَطْأَهُ فَآزَرَهُ
فَاسْتَغْلَظَ
فَاسْتَوَى
عَلَى
سُوقِهِ
يُعْجِبُ
الزُّرَّاعَ
لِيَغِيظَ
بِهِمُ
الْكُفَّارَ
وَعَدَ
اللَّهُ
الَّذِينَ
ءَامَنُوا
وَعَمِلُوا
الصَّالِحَاتِ
مِنْهُمْ
مَغْفِرَةً وَأَجْرًا
عَظِيمًا
Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang
yang bersama dengan dia adalah keras terhadap orang-orang kafir,
tetapi berkasih sayang sesama mereka. Kamu lihat mereka ruku` dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud.
Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka
dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya maka
tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lalu menjadi besarlah dia dan
tegak lurus di atas pokoknya; tanaman itu menyenangkan hati
penanam-penanamnya karena Allah hendak menjengkelkan hati
orang-orang kafir (dengan kekuatan orang-orang mu`min). Allah
menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang
saleh di antara mereka ampunan dan pahala yang besar.
Bukhari-Muslim
meriwayatkan dari Abu Hurairah Radiallahu’anhu, ia berkata bahwa ia
pernah mendengar Rasulullah Salallahu’alaihi wassalam bersabda :
“
Sungguh umatku kelak akan datang pada hari kiamat dalam keadaan (muka
dan kedua tangannya) kemilau bercahaya karena bekas wudhu’. Karenanya,
barangsiapa dari kalian yang mampu memperbanyak kemilau cahayanya,
silahkan dia melakukannya (dengan cara memperlebar basuhan mudhu’nya).”
Muslim meriwayatkan dari Abu Hurairah Radiallahu’anhu, ia berkata:
“
Aku pernah mendengar kekasihku Salallahu’alaihi wassalam bersabda:
‘Kemilau cahaya seorang mukmin (kelak pada hari kiamat) sesuai dengan
batasan wudhu’nya.’”
Muslim meriwayatkan dari Utsman Radiallahu’anhu, ia berkata bahwa rasulullah Salallahu’alaihi wassalam bersabda:
“barang
siapa yang berwudhu’ secara sempurna, maka dosa-dosanya akan gugur dari
jasadnya hingga keluar juga dari bawah kuku-kukunya.”
Muslim meriwayatkan dari Utsman Radiallahu’anhu, ia berkata: “
Aku pernah melihat rasulullah Salallahu’alaihi wassalam berwudhu’
seperti wudhu’ku ini, lalu beliau bersabda: ‘ barang siapa yang
berwudhu’ seperti wudhu’ku ini, niscaya dosa-dosanya yang telah berlalu
akan diampuni, sementara sholat (sunnah)nya dan perjalanannya menuju
masjid menjadi penyempurna bagi dihapuskannya dosa-dosanya.”
Berikutnya jika semua persyaratan Wudhu itu sendiri baik lahir maupun bathin kita laksanakan maka Insya Allah tercapailah ke-Khusyu'-an Shalat kita dalam menghadap Allah Yang Maha Suci.
Dari Huraits bin Qabishah, ia berkata : Saya sampai di Madinah. Ia
berkata : “Wahai Allah mudahkanlah bagiku (mendapat) teman duduk yang
baik. Lalu saya duduk kepada Abu Hurairah ra. Ia berkata : Saya berkata :
“Saya berdo’a kepada Tuhan (Allah) Yang Maha Mulia dan Maha Besar
-untuk memudahkan bagiku teman duduk yang baik, maka sampaikanlah
kepadaKu hadits yang kamu dengar dari Rasulullah saw.- Semoga Allah
memberi manfaat kepadaku dengan itu”. Ia berkata : Saya mendengar
Rasulullah saw. bersabda : “Sesungguhnya sesuatu yang paling dulu
dihisab pada hamba adalah shalatnya. Jika shalat itu baik maka ia telah
menang dan sukses. Jika shalatnya rusak maka ia telah merugi”. Hammam
berkata : Saya tidak tahu, ini dari perkataan Qatadah atau riwavat. Jika
dari fardhunya ada kekurangan-kekurangan, Allah berfirman : “Lihatlah,
apakah hambaKu mempunyai shalat sunnat, maka fardhu yang kurang itu
dapat disempurnakan. Kemudian demikian itu caranya dalam menghisab
seluruh amalnya”. (Hadits ditakhrij oleh An Nasa’i).
Berikutnya jika semua persyaratan Wudhu itu sendiri baik lahir maupun bathin kita laksanakan maka Insya Allah tercapailah ke-Khusyu'-an Shalat kita dalam menghadap Allah Yang Maha Suci.
Demikian rangkaian dari Tema Menguak Tabir Indahnya Berwudhu, mudah-mudahan dapat bermanfaat dan dapat kita 'amalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Yang benar dari Allah, yang salah dari diri pribadi.
Assalaamu'alaikum..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar